Pentingnya restorasi kabel-kabel pada mobil tua – Pertama-tama
kami ingin berbagi pengalaman kepada anda penggemar mobil tua yang ingin
tetap eksis dengan penampilan yang tetap prima. Pada sebagian orang
yang belum mengenal mobil tua dan klasik memang terdengar perkataan yang
agak negatif, seperti ngapain punya mobil tua, sudah nggak jaman, repot
mengurusnya, susah suku cadangnya dan masih banyak lain sindiran yang
menyudutkan.
Tapi kalau kita sebagai pecinta mobil tua apalagi mobil itu punya nilai
sejarah yang tinggi anggapan seperti itu tidaklah kita hiraukan. Kata
pepatah dianggap pria belum mapan dan kaya kalau nggak punya mobil tua.Okelah itu sekilas info saja buat anda agar tetap semangat dalam merawat mobil tua anda.
Nah dari berbagai telepon yang sering kami terima banyak orang yang
hanya setengah tanggung saja dalam mereka mau restorasi atau modifikasi
mobil tua, tentu saja bila kami sebutkan biaya yang dibutuhkan untuk
merestorasi sebuah mobil tua yang harganya cuma dibawah 20 jutaan dengan
biaya yang hampir 2 kali atau bahkan empat kali harga mobilnya mereka
langsung tidak percaya. Nah itu lah yang namanya setengah tanggung tadi.
Dalam beberapa restorasi yang kami kerjakan bukan hanya kita melakukan
repaint atau hanya ngelas-ngelas saja, ada beberapa faktor utama
mengenai karakteristik sebuah mobil yang mungkin tidak banyak orang yang
tahu mengenai hal ini, sebagai contoh saja adalah masalah kelistrikan
dan kabel-kabelnya. Kalau kita tidak mengerti dan menganggap sepele bisa
sangat berbahaya karena biasanya untuk masalah kabel ini sangat rentan
terjadi arus pendek. Tentunya anda sering mendengar beberapa kasus mobil
terbakar bukan? Produsen mobil baru juga ada yang menarik produksinya
karena permasalahan pada kabel ini.
Untuk restorasi kabel mobil tua tentunya beda dengan mobil yang masih
tergolong baru, kita harus bisa mengganti kabel-kabelnya sesuai standar
aslinya dan memodifikasinya bila si pemilik menginginkan beberapa jalur
untuk keperluan lainnya sehingga kita tidak melakukan jumper-jumper
pada kabel yang tentunya akan sangat membahayakan karena penambahan daya
yang lebih besar pada kabel standar yang kita pakai.
Dari pengalaman kami membongkar mobil tua, rata-rata kualitas
kabelnya masih bagus bila mobil itu tidak banyak jumper-jumpernya, hanya
terkadang kondisinya yang sudah mengeras jadi perlu diganti dengan
kabel baru yang berkualitas sama.
Maka sebaiknya bila anda melakukan restorasi mobil tua anda sebaiknya perkabelan juga perlu anda pikirkan untuk di seting ulang.
Karena bila kita sedang restorasi total akan lebih mudah untuk mengecek
semua perkabelannya, jangan tanggung bila anda ingin restorasi mobil tua
untuk tetap tampil prima.
Pengalaman kami sewaktu melakukan test drive mobil tua yang tidak
merestorasi kabelnya juga yaitu mobil mati total ditengah jalan tanpa
ada aba-aba sama sekali, bayangkan bila ini terjadi sama anda, dijamin
bingung dan panik apalagi bila terjadi dikeramaian kota.
Setelah mobil kami pinggirkan (tentu saja kita dorong) akhirnya kami
cek semua kelistrikannya mulai dari aki apakah ada kabel yang kendur
atau tidak sampai ke sekring-sekring semuanya. Bila aki tidak mengisi
tentunya ada peringatan sebelumnya seperti lamu yang kian lama semakin
redup atau klakson yang suaranya juga agak lemah dari pada biasanya,
atau kalau mau lebih detil cara ngecek pengisian aki normal atau tidak
dari dinamo amper bisa anda lakukan cara sederhana
Sebelum terjadi mati total dengan aki habis tanpa setrum seperti yang
kami alami diatas memang sering ada tanda-tanda mobil kadang sering
tersendat seperti ada bahan bakar yang mau habis atau ada kotoran dalam
tankinya. Permasalahan ini yang kadang kita hanya memahaminya seperti
itu, lalu kita bawa ke bengkel untuk tune up dan bisa normal lagi, nanti
akan muncul masalah tersendat-sendat lagi, tune up kemudian normal lagi
sampai kadang kita bosan juga dan mengira bahwa permasalahan ada pada
karburator dsb.
Kembali ke permasalahan setelah kami agak lama mencari sumber permasalahan yang menyebabkan mobil tua kami mogok
dengan tiba-tiba dan setrum langsung habis, langkah awal adalah kita
harus jumper akinya dengan aki lain yang masih normal setrumnya, setelah
kita start dan mesin bunyi kita cek semua perkabelannya, ternyata kabel
pengisian dari dinamo ampere setelah kita kuliti banyak yang aus
sehingga pengisian kurang lancar yang pada akhirnya secara tiba-tiba aki
akan kehabisan arus dan akhirnya mati secara mendadak.
Hal tersebut diatas sebenarnya masalah sepele saja, tapi bila anda
kurang berpengalaman mengenai permasalahan seperti yang kami alami yaitu
mobil sering tersendat mungkin hanya seputar karburator saja yang kita
jadikan biang kerok permasalahannya, padahal kelistrikan atau
kabel-kabel juga sanat berperan penting sekali yang menyebabkan mobil
anda mogok atau mati secara tiba-tiba.
Maka dari itulah pentingnya restorasi kabel-kabel pada mobil tua kita lakukan.
Demikian sekilas info dari kami yang mungkin bisa untuk saling berbagi pengalaman kepada anda semua pecinta mobil tua.
Apa bila Ingin Merakit Kabel body Kami Siap membantu Anda Untuk Melakukan Pembuatan Kabel Body Mobil Tua dan diganti dengan kabel-kabel body baru / Gress
Silakan CP : 081314713011
No comments:
Post a Comment